Warung Bebas

Senin, 10 September 2012

Compile Java Melalui Cmd

1. Download terlebih dahulu JDK-nya

2. Kemudian install JDK tersebut.


3. Kemudian klik pada JDK yang ditandai dengan lingkaran merah tersebut dan akan muncul konfigurasinya yang ditandai dengan tanda hitam tersebut. Setelah itu, ikuti petunjuk - petunjuk berikutnya sampai NetBeans-nya terinstall.

4. Apabila sudah terinstall, kemudiian lakukan setting. Masuk ke Control Panel, kemudian klik System. Dan tampilannya seperti berikut.

5. Pada System Properties, klik Advanced setelah itu klik Environment Variables

6. Klik Path, kemudian klik Edit, dan tambahkan link sistem JDK dan NetBeans tempat anda menyimpan. Contohnya, ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_20\bin;C:\Program Files\NetBeans 6.8\bin;(disesuaikan dengan JDK anda masing - masing). kemudian klik OK.

7. Kemudian buka Command Prompt, klik Start, setelah itu klik Run. Kemudian ketik cmd, klik OK. Maka muncul tampilan:

8. Kemudian ketiklah disk tempat anda menyimpan folder berisikan file java. Lalu ketik cd spasi nama foldernya.

9. ketiklah javac spasi nama file.java untuk mengecek apakah compile berhasil atau tidak. Apabila berhasil, kemudian ketiklah java spasi nama filenya(tidak usah pake .java).

10. Maka hasilnya akan terlihat compile pada command prompt.

Demikianlah langkah - langkah untuk melakukan pengaturan compile pada command prompt. Apabila ada kekurangan, saya mohon maaf yang sebesar - besarnya karena kita disini sama - sama belajar. Maka diharapkan saran dan kritik agar kedepannya menjadi lebih baik. Terima Kasih.

0 komentar em “Compile Java Melalui Cmd”

Posting Komentar

 

M-Kolom Tutorial | All Tutorial Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger